Senin, 20 September 2010

Para Rektor Cari Solusi Kemerosotan Akreditasi

JAKARTA - Akreditasi yang menjadi tolak ukur mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi, tengah menjadi masalah besar para perguruan tinggi swasta (PTS) di DKI Jakarta. Pasalnya, belakangan akreditasi berbagai PTS mengalami kemerosotan.

Untuk itu sejumlah rektor perguruan tinggi swasta (PTS) di DKI Jakarta berkumpul di kampus Universitas Sahid (Usahid), Jalan Dr. Soepomo, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Mereka, bersama pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), berdiskusi tentang berbagai permasalahan yang dihadapi PTS dan mencari solusinya.

"Di antara masalah yang saat ini dihadapi PTS adalah penurunan akreditasi," jelas Ketua Umum Aptisi Suharyadi, di Universitas Sahid (Usahid), Jalan Dr. Soepomo, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Suharyadi menambahkan, penurunan akreditasi menyebabkan penurunan jumlah mahasiswa. "Pada perguruan tinggi negeri (PTN), masalah akreditasi tidak terlalu mempengaruhi minat calon mahasiswa untuk mendaftar ke PTN tersebut. Beda halnya dengan PTS yang sangat bergantung pada akreditasi," imbuhnya.

Sementara, Rektor Universitas Sahid (Usahid) Sutyastie Soemitro Remi menyampaikan PTS-PTS harus bersatu dan bersama-sama dalam menghadapi gempuran perguruan-perguruan tinggi asing yang masuk Indonesia.(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut