Senin, 20 September 2010

Bayi Dibuang Orang Tua, Warga Rebutan Ingin Mengadopsi

PALANGKA RAYA – Warga Pahandut, Palangka Raya dihebohkan oleh penemuan bayi di dekat tempat pembuangan sampah di Jalan Kinibalu Kompleks Bukit Hindu Kota Palangka Raya. Bayi ini tampaknya sengaja dibuang oleh orang tuanya. Menariknya, setelah beberapa hari dirawat di RS Bhayangkara, sedikitnya 20 warga ingin mengadopsi bayi laki-laki itu.

Kapolres Palangka Raya AKBP Andreas Wayan Wisaksono SIK melalui melalui Kapolsek Pahandut, AKP Bagus Setiyawan SIK mengatakan, bayi temuan tersebut sudah lebih baik. Karena kondisinya sehat, sang bayi sudah keluar dari RS Bhayangkara, Jumat (17/9). “Kita telah menyerahkan bayi tersebut ke Dinas Sosial (Dinsos) dan selanjutnya dititipkan ke panti asuhan,” terang Bagus Setiyawan.

Menurut Bagus, bagaimana dan siapa yang berhak mengadopsinya nanti, merupakan kewenangan pihak terkait. Sementara Polisi hanya menangani masalah penyelidikannya. “Informasi terakhir yang kita dapat, sekitar 20 orang yang sudah menyatakan niatnya untuk mengadopsi bayi itu. Namun untuk saat ini, kita masih belum mendapatkan laporan lebih lanjut, apakah sudah ada yang mengadopsinya,” tuturnya.

Untuk diketahui, penemuan bayi malang ini berawal saat  Romaida (44) berhenti di tempat pembuangan sampah di sekitar Jalan Kinibalu pada pukul 07.30 WIB. Wanita ini mendak mencari sisa-sisa makanan untuk ternaknya. Awalnya, dia mendengar suara tangisan bayi. Namun hal itu tidak dihiraukan, karena menduga itu suara bayi salah satu rumah warga di sana. Lantaran terus menangis, saksi lalu mendatangi ke arah suaranya.

Ternyata dalam area pekarangan kosong yang ditutupi pagar seng, tepatnya di bawah pohon nangka, terlihat karung beras yang bergerak-gerak. Saat melihat isinya, ternyata ada bayi tanpa diselimuti sehelai kainpun. Kondisinya seperti baru dilahirkan, karena tali pusarnya masih ada. Satu hari setelah ditemukan, empat orang mendatangi Kepolisian dan menyatakan kesediaan mengasuh bayi itu.(ndi/top/fuz/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut