Senin, 20 September 2010

Marak Penyakit Hewan Komnas Zoonosis Dibentuk

Pemerintah akan segera melakukan pembentukan Komisi Nasional Zoonosis untuk menangani berbagai penyakit menular dari hewan ke manusia. Komisi akan dibentuk dengan keputusan presiden yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat."Dari banyak penyakit dari hewan ke manusia, ini perlu penanganan yang lintas sektoral antar menteri, juga perlu ada komite-komite di daerah yang diketuai gubernur atau bupati," ujar Menko Kesra Agung Laksono dalam keterangan pers di Istana Negara, Senin (20/9/2010).
Agung mengatakan komisi ini akan diketuai dirinya sebagai Menko Kesra dengan wakil ketuanya yaitu Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih serta Menteri Pertanian Suswono. Komisi juga akan beranggotakan beberapa kementerian/lembaga terkait dengan persoalan ini. Tiga penyakit yang akan menjadi fokus di awal pembentukan adalah flu burung, antraks dan rabies.
Agung berharap dengan pembentukan komisi ini maka tren penyakit bisa ditangani secara cepat untuk mencegah terjadinya endemi.
Sementara itu, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan komisi ini diperlukan meski di internal kementeriannya sendiri terdapat direktorat khusus yang menangani penanggulanan penyakit yang bersumber dari hewan.
"Tapi penyakit-penyakit ini banyak sekali yang hulunya bukan di kesehatan sehingga kita di kesehatan hanya menerima akibatnya. Jadi perlu sekali komnas ini agar penanggulangannya bisa bersama-sama, lintas sektoral, seperti pertanian, kesra dan sebagainya," katanya.
Menkes juga menjamin data-data terkait penanggulangan penyakit ini akan bersifat terbuka untuk mengatasi perpindahan penyakit ini secara cepat. "Kita lokalisir supaya tidak menyebar di negeri kita maupun mencegah dari luar," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut