Sabtu, 18 September 2010

Mahasiswa UI Hilang di Pangrango Ditemukan

Dua anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia, Rendy Eko Oktafiansyah dan Ali Budiharto Haryanta, yang sempat dua hari hilang saat mendaki Gunung Pangrango, Sabtu petang ditemukan dalam keadaan selamat di rute menuju Cisarua, Bogor, Jabar.

Humas Mapala UI, Sheila menginformasikan bahwa Sabtu sore pukul 16.30 tim SAR dari Posko Balekambang sudah menjemput kedua pendaki tersebut dan kemudian melakukan pengecekan medis di Cisarua.

"Pada intinya, mereka sudah turun dalam keadaan selamat. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses ini," kata Sheila.

Rendy dan Ali berangkat pada tanggal 12 September 2010 untuk melakukan pendakian pribadi dengan jalur naik melalui lembah Ciheulang ke Puncak Pangrango dan berencana turun lewat Cisarua pada hari Rabu 15 September 2010.

Namun pada tanggal tersebut mereka belum juga terlihat turun. Kemudian Rendy masih sempat memberi kabar melalui pesan singkat telepon selular pada hari Jumat , 17 September pukul 02.00 WIB ke sekretariat Mapala UI di kampus UI Depok.

Isinya mengabarkan bahwa mereka dalam perjalanan turun melalui rute menuju Cisarua, tetapi sempat salah jalur dan terhenti di tengah karena terhadang oleh cuaca yang buruk. Mereka mengatakan akan terlambat pulang, serta meminta bantuan untuk turun.

"Pada saat menerima kabar pesan singkat tersebut, kami sudah mulai bergerak menuju Cisarua untuk mencari informasi tambahan dan memberikan bantuan," kata Sheila.

Jumat pagi, koordinasi juga mulai dilakukan oleh pihak Taman Nasional Gede-Pangrango, Wanadri, TNI, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk segera membentuk tim pencari (SAR).

Sabtu pagi tim bantuan terus melakukan penyisiran. Akhirnya pada siang hari pukul 13.40, Ali menghubungi sekretarian Mapala UI untuk mengabarkan bahwa mereka sudah berada di daerah sekitar Pasir Benyeng dan menunggu bantuan. Tim SAR pun segera menuju lokasi tersebut hingga akhirnya menemukan mereka.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut