Sabtu, 18 September 2010

Calon Kapolri, Bersiaplah Hadapi Tes Rumit di DPR

Siapa pengganti posisi Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri akan ditentukan Oktober mendatang?

Dua jenderal bintang tiga yang disebut-sebut menggantikan posisi Bambang yakni Nanan Soekarna dan Imam Sudjarwo nantinya akan menghadapi DPR bila namanya diusulkan Presiden.

Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy mengatakan, pihaknya masih menunggu surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengusulkan nama calon. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi memastikan hanya satu calon yang akan diserahkan ke DPR untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Menurut Tjatur, anggota komisi III pasti akan mencecar calon dengan sejumlah pertanyaan tajam menyangkut sejumlah isu besar. “Soal kriminalisasi KPK, rekening gendut, tentu kita akan minta komitmen mereka. Saya setuju Kapolri teken pakta integritas,” kata Tjatur dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (19/9/2010).

Dia meyakini DPR nantinya akan merestui calon yang dikirim Presiden, meski harus melewati proses fit and proper test yang diperkirakan memanas.

“Siapapun yang dikirim Presiden, saya mempunyai pretensi akan diterima dengan berbagai catatan, dengan pakta integritas. Kalau tidak perform, DPR bisa menolak tentunya presiden akan mengajukan calon lain,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut